Raharjo, Dwi and Suyatno, Suyatno and Rahantari, Riska (2020) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI BOKOHARJO, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN SLEMAN. [Artikel mahasiswa]
Text
25. Dwi Raharjo (1361-1373).pdf Download (622kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas II SD Negeri Bokoharjo Prambanan Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas II SD Negeri Bokoharjo Prambanan Sleman yang berjumlah 30 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase prestasi belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan 49%, pada siklus I sebesar 61%, sedangkan pada siklus II sebesar 82%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa dari pra tindakan sebesar 67, siklus I sebesar 69, sedangkan pada siklus II sebesar 77. Begitu juga motivasi siswa dari siklus I juga mengalami kenaikan pada siklus II. Dari siklus I rata-rata indikator motivasi 73% pada siklus II menjadi 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Tematik dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Suyatno |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 04:33 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 04:33 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21482 |
Actions (login required)
View Item |