Kurniawati, Elisa Noviana and Khasanah, Uswatun and Lestari, Eni (2020) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS I DI SD MUHAMMADIYAH TRAYU. [Artikel mahasiswa]
Text
36. Elisa Noviana Kurniawati (1490-1498).pdf Download (642kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) melalui media gambar siswa kelas I SD Muhammadiyah Trayu, Galur, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas I SD Muhammadiyah Trayu, Galur, Kulon Progo yang berjumlah 10 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I yaitu kesiapan mengikuti pelajaran 32,5%, menyimak penjelasan guru 35%, aktif bertanya atau berpendapat 40%, merespon tugas 52,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan keaktifan belajar yaitu kesiapan mengikuti pelajaran 82,5%, menyimak penjelasan guru 87,5%, aktif bertanya atau berpendapat 65%, merepon tugas 77,5%. Hal ini dapat dilihat dari hasil keaktifan belajar siswa pada saat pembelajaran .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning melalui media gambar pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Uswatun Khasanah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 04:36 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 04:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21493 |
Actions (login required)
View Item |