PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN QUIZIZZ MATERI IPS PADA SISWA KELAS IVB SD KANISIUS SOROWAJAN

Sasongko, Vitus Gading and Sudaryanto, Sudaryanto and Dian, Dede (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN QUIZIZZ MATERI IPS PADA SISWA KELAS IVB SD KANISIUS SOROWAJAN. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 39. Vitus Gading Sasongko (1517-1525).pdf] Text
39. Vitus Gading Sasongko (1517-1525).pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami isi teks pada diri siswa dengan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) dan aplikasi Quizizz pada siswa kelas IVB SD Kanisius Sorowajan, Banguntapan, Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas IV SD Kanisius Sorowajan, Banguntapan, Bantul dengan jumlah siswa 20 anak. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase kemampuan memahami teks dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan memahami teks dan ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu kemampuan memahami teks pada pra tindakan sebesar 52%, pada siklus I sebesar 62%, pada siklus II sebesar 92%, sedangkan capaian KKM siswa pada pra tindakan 35%, pada siklus I 45%, pada siklus II 90%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tidakan sebesar 52, siklus I sebesar 62, sedangkan pada siklus II sebesar 92. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kontekstual dan Quizizz dalam pembelajaran tematik muatan IPS dapat meningkatkan kemampuan memahami teks dan hasil belajar siswa.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Sudaryanto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:36
Last Modified: 30 Nov 2020 04:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item View Item