PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP WUJUD BENDA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT SISWA KELAS III SD NEGERI 2 PURBAYASA

Rosanti, Dyah and Istiandaru, Afit and Sulistiowati, Erna (2020) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP WUJUD BENDA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT SISWA KELAS III SD NEGERI 2 PURBAYASA. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 20. Dyah Rosanti (1601-1612).pdf] Text
20. Dyah Rosanti (1601-1612).pdf

Download (370kB)

Abstract

Pemahaman konsep sangat diperlukan dalam proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Namun demikian, siswa kelas III SD Negeri 2 Purbayasa masih kurang pada pemahaman konsep. Hal ini berakibat menurunnya nilai siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terutama materi wujud benda melalui model discovery learning berbantuan media powerpoint pada siswa kelas III SD Negeri 2 Purbayasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Purbayasa yang berjumlah 11 siswa. PTK menggunakan model discovery learning yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan setiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 64%, sedangkan pada siklus II sebesar 82%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata nilai siswa dari siklus I sebesar 75, sedangkan pada siklus II sebesar 88. Begitu juga ketrampilan siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan adanya upaya guru dalam memperbaiki pembelajaran yaitu dengan cara merubah cara percobaan yang awalnya secara kelompok menjadi secara mandiri atau individu. Hal ini sangat berpengaruh dalam pemahaman konsep serta meningkatnya hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan media powerpoint dalam materi wujud benda dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Afit Istiandaru2
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:55
Last Modified: 15 Dec 2020 05:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21575

Actions (login required)

View Item View Item