Setiawan, Heri and Ratnasari, Lisa and Supriyadi, Amroni (2020) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN GIYANTI. [Artikel mahasiswa]
Text
21. heri setiawanno (1613-1622).pdf Download (538kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang ciri – ciri mahluk hidup dengan menggunakan media power point pada kelas III SD Negeri Giyanti Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas III Negeri Giyanti Kecamatan Sambong Kabupaten Blora yang berjumlah 20 siswa. Desain PTK menggunakan Media Power Point meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 40%, pada siklus I sebesar 65%, sedangkan pada siklus II sebesar 96%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tidakan sebesar 67, siklus I sebesar 75, sedangkan pada siklus II sebesar 80. Begitu juga motivasi atau minat siswa dalam mengikuti pelajaran dari siklus I juga mengalami kenaikan pada siklus II. Dari siklus I rata-rata indikator motivasi 70% pada siklus II menjadi 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media power point dalam pembelajaran Tematik dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Lisa Ratnasari |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 15 Dec 2020 05:55 |
Last Modified: | 15 Dec 2020 05:55 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21577 |
Actions (login required)
View Item |