MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 5 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARAGUNG 01 KECAMATAN WARUREJA KABUPATEN TEGAL

Eftaeni, Puji Nur and Istiandaru, Afit and Sulistiowati, Erna (2020) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 5 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARAGUNG 01 KECAMATAN WARUREJA KABUPATEN TEGAL. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 30. Puji Nur Eftaeni (1683-1693).pdf] Text
30. Puji Nur Eftaeni (1683-1693).pdf

Download (463kB)

Abstract

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sangat penting dikembangkan oleh setiap guru. Keaktifan perlu digali untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini dikarenakan keaktifan akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa.Namun demikian keaktifan siswa kelas V SD Negeri Banjaragung 01 sangat rendah sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Karena hal ini maka dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA tema 5 dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas V SD Negeri Banjaragung 01.Subjek dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri Banjaragung 01 yang berjumlah 18 siwa yang terdiri dari 6 siwa laki-laki dan 12 siwa perempuan. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus II. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mencapai nilai diatas KKM.Pada siklus 1 yang mencapai KKM sebesar 55,56% dan siklus II 88,89%. Dilihat dari nilai rata-rata pada siklus 1 mencapai 74,44 dan pada siklus II mencapai 91,11 Selain hasil belajar, keaktifan siswa juga meningkat dari siklus 1 ke siklus II. Pada siklus 1 rata-rata indikator keaktifan siswa mencapai 41,11% dan pada siklus II mencapai 83,33%.Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode picture and picture dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktfan dan hasil belajar siwa.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Afit Istiandaru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:54
Last Modified: 15 Dec 2020 05:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21592

Actions (login required)

View Item View Item