BIMBINGAN KEDAMAIAN: Strategi Konselor untuk Mereduksi Agresivitas

Saputra, Wahyu Nanda Eka and Supriyanto, Agus and Astuti, Budi and Ayriza, Yulia (2019) BIMBINGAN KEDAMAIAN: Strategi Konselor untuk Mereduksi Agresivitas. K-Media, Yogyakarta. ISBN 978-602-451-585-0

[thumbnail of Bimbingan Kedamaian.pdf] Text
Bimbingan Kedamaian.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan agresivitas pada remaja semakin beragam dan kompleks bentuknya. Bahkan agresivitas pada zaman sekarang sudah menjalar ke media sosial, yang mana hampir setiap remaja mengenal dan menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari mereka. Permasalahan perilaku agresi di media sosial menjadi menonjol akhir-akhir ini karena tidak ada kekhawatiran pelaku akan dibalas secara langsung oleh korban ketika agresivitas remaja itu diluapkan di media sosial. Sehingga, keberanian mereka untuk menyakiti orang lain melalui media sosial lebih tinggi daripada dilakukan secara tatap muka langsung.
Pada zaman sekarang, agresivitas remaja perempuan juga cenderung meningkat. Bahkan, hasil terdapat hasil penelitian yang menyebutkan bahwa agresivitas perempuan tidak jauh berbeda tingkatnya dengan laki-laki. Remaja laki-laki lebih cenderung untuk meluapkan agresivitasnya baik proaktif maupun reaktif dengan teman sebayanya, lebih menekankan pada agresi fisik maupun verbal. Berbeda dengan perempuan, agresivitas mereka diluapkan dalam bentuk kebencian dan kemarahan, yang mana kebencian dan kemarahan mereka akan cenderung menetap lebih lama jika dibandingkan dengan remaja laki-laki. Bahkan tidak jarang pula ditemukan agresivitas remaja perempuan diluapkan dalam bentuk fisik dan verbal.
Permasalahan agresivitas remaja usia sekolah ini perlu ada upaya penanganan agar kecenderungan mereka untuk meluapkan agresivitas mereka bisa di tekan dan dapat meminimalisir perilaku agresinya. Pada buku ini dikembangkan sebuah model bimbingan yang menggunakan ide-ide pokok dari pendidikan kedamaian, yang dalam buku ini disebut dengan bimbingan kedamaian. Model bimbingan kedamaian ini dirancang untuk mereduksi agresivitas remaja. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bimbingan kedamaian ini dapat digunakan untuk membantu remaja keluar dari tekanan hidupnya seperti menekan perilaku bullying, cyberbullying, kekerasan fisik maupun non fisik, bahkan percobaan bunuh diri, dan lain sebagainya.
Bimbingan kedamaian yang dikembangkan dan termuat dalam buku ini terdiri dari tujuh komponen utama, yang digunakan untuk mengintervensi aspek-aspek dari agresivitas, baik fisik, verbal, kemarahan, dan kebencian. Ketujuh komponen dari bimbingan kedamaian tersebut adalah (1) rendah hati terhadap idealisme; (2) kontrol diri terhadap persamaan; (3) toleransi terhadap perbedaan; (4) memaafkan kesalahan orang lain; (5) memilih kekuatan daripada kelemahan; (6) mengatur emosi saya; dan (7) mengatur perilaku saya.
Bimbingan kedamaian ini dapat diimplementasikan dalam dua jenis layanan bimbingan dan konseling. Pertama, bimbingan kedamaian diimplementasikan dalam layanan bimbingan klasikal. Kedua, bimbingan kedamaian diimplementasikan dalam layanan bimbingan kelompok. Implementasi dari bimbingan kedamaian ini diharapkan dapat menekan agresivitas remaja yang mana agresivitas remaja ini dapat berdampak buruk bagi dirinya sendiri maupun orang lain.
Konselor perlu menumbuhkan kreatifitasnya agar bimbingan kedamaian yang diimplementasikan tidak membosankan dan menarik bagi siswa. Terlebih remaja pada zaman sekarang, akan mudah bosan apabila mereka diberikan layanan bimbingan dan konseling yang tidak kreatif dan inovatif. Oleh sebab itu, penggunaan kearifan lokal sangat penting untuk menambah nilai lebih dan keefektifan dari bimbingan kedamaian itu sendiri. Kearifan lokal yang digunakan oleh konselor bisa merujuk dan memodifikasi kearifan lokal di daerahnya masing-masing.

Item Type: Book
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:54
Last Modified: 15 Dec 2020 05:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21625

Actions (login required)

View Item View Item