Prahmana, Rully Charitas Indra Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar. [Artikel Dosen]
Text
iThenticate - Sinta 2 - JPM Vol 13 No 1 January 2019.pdf Download (1MB) |
Abstract
Aljabar merupakan subjek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, siswa khususnya pada tingkat SMP kelas VII harus dapat memahami konsep ini dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas VII dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kalasan. Instrumen pada penelitian ini berupa sebuah tes yang terdiri dari 10 soal tentang operasi bentuk aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan tentang operasi bentuk aljabar, seperti kesalahan pada variabel, kesalahan pada tanda negatif, kesalahan pada menyelesaikan bentuk persamaan aljabar, kesalahan pada pengoperasian bentuk aljabar, dan kesalahan dalam penyelesaian bentuk pecahan.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Dr. Rully Charitas Indra Prahmana |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 11:25 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 11:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/22366 |
Actions (login required)
View Item |