Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar

Prahmana, Rully Charitas Indra Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar. [Artikel Dosen]

[thumbnail of iThenticate - Sinta 2 - JPM Vol 13 No 1 January 2019.pdf] Text
iThenticate - Sinta 2 - JPM Vol 13 No 1 January 2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aljabar merupakan subjek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, siswa khususnya pada tingkat SMP kelas VII harus dapat memahami konsep ini dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas VII dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kalasan. Instrumen pada penelitian ini berupa sebuah tes yang terdiri dari 10 soal tentang operasi bentuk aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan tentang operasi bentuk aljabar, seperti kesalahan pada variabel, kesalahan pada tanda negatif, kesalahan pada menyelesaikan bentuk persamaan aljabar, kesalahan pada pengoperasian bentuk aljabar, dan kesalahan dalam penyelesaian bentuk pecahan.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr. Rully Charitas Indra Prahmana
Date Deposited: 11 Feb 2021 11:25
Last Modified: 11 Feb 2021 11:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/22366

Actions (login required)

View Item View Item