LAPORAN KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 SD KRAPYAK UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN periode 84 DIVISI IV.B.3 Tahun Akademik 2020/2021

Aysahril, Surya (2021) LAPORAN KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 SD KRAPYAK UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN periode 84 DIVISI IV.B.3 Tahun Akademik 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_IV.B.3_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_IV.B.3_REGULER 84.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN KKN_IV.B.3_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN KKN_IV.B.3_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Awal kuarter tahun 2020 merupakan tahun yang sangat berat bagi seluruh dunia, hal ini dikarenakan munculnya virus Covid-19 yang menyebar dengan cepat keseluruh negara. Sebagai upaya memeperlambat penyebaran virus Covid-19, pemerintah Indonesia menerapkan SFH (School From Home) atau yang sering disebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kegiatan ini mengharuskan siswa dan juga guru melaksanakan pembelajaran dari rumah dengan menggunakan teknologi Dalam Jaringan (Daring). Pembelajaran jarak jauh ini harusnya dapat berjalan dengan sarana teknologi seperti Handphone dan juga akses internet. Sedangkan, dalam praktiknya tidak semua daerah dapat mengakses internet dan juga tidak semua siswa memiliki sarana memadai untuk melakukan PJJ ini. Beberapa daerah terpencil masih sangat membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.
Kampus Mengajar adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui kreativitas diluar perkuliahan. Pada program ini mahasiswa akan ditempatkan di Sekolah Dasar untuk membantu Guru agar Peserta Didik dapat mendapatkan kesempatan belajar yang optimal di kondisi terbatas dan kritis selamat pandemi. Mahasiswa dapat mengembangkan diri khususnya kreativitas, kepemimpinan, dan kemampuan interpersonal lainnya. Oleh karena itu pemerintah pusat membuat terobasan baru khususnya di dunia pendidikan untuk menerjunkan para mahasiswa guna menguatkan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi bagi anak-anak sekolah dasar. Kegiatan ini diharapkan menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat, tidak hanya bermanfaat bagi sekolah tetapi juga untuk mahasiswa yang melakukan praktik baik di Sekolah Dasar.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Aysahril Surya
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:38
Last Modified: 16 Jul 2021 04:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26669

Actions (login required)

View Item View Item