KESESUAIAN PROSES PERKULIAHAN MAHASISWA PGSD UAD DENGAN KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Kurniawan, Muhammad Ragil (2015) KESESUAIAN PROSES PERKULIAHAN MAHASISWA PGSD UAD DENGAN KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Teknodika, 13 (2). pp. 66-80. ISSN 1693-9107

[thumbnail of jurnal_Muh_Ragil_K.pdf] PDF
jurnal_Muh_Ragil_K.pdf

Download (33MB)

Abstract

Abastrak: Penelitian ini bertujuan untuk : a) memetakan gaya belajar mahasiswa PGSD UAD, b) memetakan penggunaan media pembelajaran oleh dosen, c) melihat kesesuaian antara proses perkuliahan (penggunaan media pembelajaran) dengan gaya belajar mahasiswa, d) prestasi belajar mahasiswa, dan e) melihat kesesuaian gaya mengajar dosen dengan gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang terdaftar secara administrasi dengan jumlah 725 mahasiswa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling random bertingkat. Total sampel penelitian berjumlah 91 responden. Teknik anlisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik despriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: a) Gaya belajar yang paling banyak dimiliki oleh mahasiswa (80 orang) adalah gaya belajar sosial, sedangkan gaya belajar yang peling sedikit (40 orang) adalah gaya belajar visual. b) Tidak ada satupun media yang masuk dalam kategori sangat sering digunakan dalam proses perkuliahan. Hanya buku teks dan papan tulis yang masuk dalam kategori sering digunakan dalam perkuliahan. c) Kesesuaian antara penggunaan media dengan gaya belajar yang dimiliki sebagai berikut: 56% sangat sesuai, 40% sesuai, 4% Tidak sesuai dan tidak ada satu mahasiswa pun yang tidak sesuai sama sekali. d) prestasi mahasiswa berdasarkan nilai akademik mahasiswa adalah: 46% mahasiswa memperoleh nilai A, 42% mahasiswa memperoleh nilai B, 6,5% mahasiswa memperoleh nilai C, 5,5% mahasiswa memperoleh nilai D. e) Perbandingan data antara kesesuaian proses perkuliahan dengan gaya belajar dibandingkan dengan data prestasi belajar mahasiswa, terlihat ada tren positif antara kedua data tersebut.

Kata Kunci: media pembelajaran, gaya belajar, memletics, prestasi belajar.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mpd Ragil Kurniawan
Date Deposited: 17 Nov 2015 02:49
Last Modified: 17 Nov 2015 02:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2696

Actions (login required)

View Item View Item