Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Status Sosial Guru Dan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Terhadap Motivasi Menjadi Guru Sekolah Dasar

Indraswati, Dyah and Sinta Utami, Prihma and Suyitno, Suyitno and Kariadi, Dodik (2020) Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Status Sosial Guru Dan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Terhadap Motivasi Menjadi Guru Sekolah Dasar. [Artikel Dosen]

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA.pdf] Text
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of HASIL CEK SIMILARITY] Text (HASIL CEK SIMILARITY)
HASIL CEK_60160944_Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Status Sosial Guru (1).pdf - Supplemental Material

Download (3MB)
[thumbnail of Hasil Review Sejawat Jurnal Pengaruh Persepsi Mahasiswa.pdf] Text
Hasil Review Sejawat Jurnal Pengaruh Persepsi Mahasiswa.pdf

Download (861kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui: (1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang status sosial guru terhadap motivasi mahasiswa menjadi guru Sekolah Dasar; (2) pengaruh persepsi mahasiswa tentang program Pendidikan Profesi Guru (PPG) terhadap motivasi mahasiswa menjadi guru Sekolah Dasar; (3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang status sosial guru dan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) terhadap motivasi mahasiswa menjadi guru Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian mahasiswa semester 7 prodi PGSD Universitas Mataram yang berjumlah 315, kemudian diambil sample sebanyak 177 mahasiswa menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas; dan analisis regresi yang terdiri dari uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda. Hasil penelitian: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi mahasiswa tentang status sosial guru terhadap motivasi mahasiswa menjadi guru SD. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi mahasiswa tentang program Pendidikan Profesi Guru (PPG) terhadap motivasi mahasiswa menjadi guru SD. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi mahasiswa tentang status sosial guru dan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) secara simultan terhadap motivasi mahasiswa menjadi guru SD.
Kata Kunci. Persepsi Mahasiswa; Status Sosial Guru; PPG; Motivasi Menjadi Guru.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Suyitno -
Date Deposited: 26 Aug 2021 22:32
Last Modified: 16 Feb 2022 01:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27479

Actions (login required)

View Item View Item