ANALISIS CEMARAN PESTISIDA PADA PANGAN SEGAR ASAL TUMBUHAN (PSAT) DI DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI JAWA TENGAH

Mustika, Mega (2021) ANALISIS CEMARAN PESTISIDA PADA PANGAN SEGAR ASAL TUMBUHAN (PSAT) DI DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI JAWA TENGAH. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1800033091_Analisis Cemaran pestisida Berbahaya pada Pangan Segar Asal Tumbuhan di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah.pdf] Text
KP_1800033091_Analisis Cemaran pestisida Berbahaya pada Pangan Segar Asal Tumbuhan di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of KP_1800033091_BAB 1 dan Daftar Pustaka.pdf] Text
KP_1800033091_BAB 1 dan Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia penggunaan pestisida umumnya dilakukan oleh seluruh petani untuk memberantas adanya hama seperti ulat, tikus, dan wereng. Pestisida banyak digunakan oleh masyarakat karena harganya relatif murah, efektif dalam jumlah kecil dan dapat membasmi banyak organisme. Penggunaan pestisida melebihi ambang batas yang seharusnya dapat berpotensi membahayakan kesehatan manusia.Tujuan kerja praktik ini untuk mengetahui pengawasan dan metode pengujian cemaran pestisida pada Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah serta untuk mengetahui tingkat cemaran pestisida pada buah segar yang beredar di Jawa Tengah dan persentase buah yang aman dari Cemaran Pestisida. Metode pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan studi literatur dengan data sekunder dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2019-2020. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, diagram fishbone dan metode analisis cemaran pestisida menggunakan rapid testkit pestisida. Hasil pengawasan buah segar di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah adalah dengan melakukan pengambilan sampel buah di setiap daerah dengan menggunakan alat testkit pestisida (G9 Fast Pesticide Detection). Pada tahun 2019, dilakukan pengambilan sampel di 28 Kabupaten dan 43 pasar di Jawa Tengah. Total sampel sebanyak 123 dengan hasil 3 sampel buah-buahan positif mengandung residu pestisida dengan presentase 3% di Kabupaten Brebes, Pekalongan dan Kendal. Persentase buah yang aman dari cemaran pestisida sebesar 97%. Sedangkan pada tahun 2020, dilakukan pengambilan sampel di 13 Kabupaten dan 14 pasar di Jawa Tengah, total sampel sebanyak 37 sampel dengan hasil 5 sampel buah-buahan positif mengandung residu pestisida dengan presentase 14% di Kabupaten Pemalang, Temanggung dan Surakarta. Sedangkan persentase buah yang aman dari cemaran pestisida sebesar 86%. Rata-rata kandungan residu pestisida di Jawa Tengah sebesar 8,0%. Sehingga dapat disimpulkan cemaran pestisida berbahaya pada buah-buahan yang ada di Daerah Jawa Tengah belum sepenuhnya terbebas dari cemaran pestisida.

Kata kunci : Analisis Cemaran, Buah-buahan, Pestisida, PSAT, Test Kit.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Mega Mustika
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:20
Last Modified: 31 Aug 2021 02:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/27563

Actions (login required)

View Item View Item