Tentama, Fatwa (2010) Intervensi peningkatan pendidikan anak melalui program psikoedukasi dan pelatihan penanganan anak di perkampungan Pingit. In: Seminar Nasional Pendidikan Karakter Bangsa, Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan.
Preview |
Text
Pelatihan Penanganan Anak.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan Intervensi atau pelatihan ini bertujuan untuk penanganan pada anak dalam rangka meningkatkan pendidikan anak. Hasil akhir yang diharapkan peserta pada akhirnya mampu menjadi model yang baik untuk tumbuh kembang anak dan mampu menangani anak secara efektif untuk meningkatkan pendidikan anak. Sasaran intervensi adalah orang tua anak, masyarakat Pingit mencakup Ketua RT 01 – RT 04 dan pengurus RT, Ketua RW dan pengurus RW, Ibu-ibu PKK, PAUD, dan pengelola TPA, serta volunteer PSP. Dalam mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Pendekatan pelatihan dengan menggunakan metode belajar sosial dari Albert Bandura dengan menggunakan prinsip modeling (transfer modeling) akan memberikan banyak kesempatan kepada peserta pelatihan untuk belajar menjadi figure/model yang akan menjadi contoh anak-anak sebagai upaya mendidik anak di dalam lingkungan intinya.
Hasil Intervensi setelah role play dilakukan peserta akan mendapatkan umpan balik dari pelatih maupun dari peserta pelatihan yang lain yang akan memberikan motivasi dan semangat kepada peserta lain. Peserta menerapkan/mempraktekkan apa yang diperoleh dari pelatihan dalam mendidik anak-anak, dan berharap hasil yang dapatkan nantinya akan jauh lebih baik dari sebelumnya.
Kata Kunci : pendidikan, program psikoedukasi, pelatihan penanganan anak
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si. |
Date Deposited: | 03 Dec 2015 02:36 |
Last Modified: | 07 Dec 2015 06:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2757 |
Actions (login required)
View Item |