Hendro, Widodo (2014) KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS MENURUT PEMIKIRAN KONSTRUKTIVISME JEAN PIAGET. Tajdidukasi, IV (2). pp. 85-102. ISSN -
Text
TAJDIDUKASI Volume IV Nomor 2, Juli 2014.pdf Download (316kB) |
Abstract
Filsafat konstruktivisme memberikan jawaban bahwa belajar adalah peristiwa khas, wajar, dan subjektif, di mana individu menyusun dan membangun sendiri pengertiannya. Suatu hal yang asasi dalam arti kembali kepada harkat individu manusia sebagai sosoknya yang utuh dan berpotensi dalam memaknai dunia. Konstruktivisme telah memfokuskan secara eksklusif pada proses dimana siswa secar individual aktif mengkonstruksi realitas mereka sendiri. Di dalam konstruktivisme peranan guru bukan pemberi jawaban akhir atas pertanyaan siswa, melainkan mengarahkan mereka untuk membentuk atau mengkonstruksi pengetahuan sehingga diperoleh struktur pengetahuan. Hal ini menjadikan posisi guru dalam pembelajaran untuk bernegosiasi dengan siswa, bukan memberi jawaban akhir yang telah jadi.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 05 Dec 2015 04:05 |
Last Modified: | 05 Dec 2015 04:05 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2761 |
Actions (login required)
View Item |