LAPORAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) II DI SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Sumantari, Anggun Melina (2021) LAPORAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) II DI SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Project Report. Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of MAGANG_ JUDUL_1800006085.pdf] Text
MAGANG_ JUDUL_1800006085.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of MAGANG_ ISI LAPORAN_1800006085.pdf] Text
MAGANG_ ISI LAPORAN_1800006085.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan mutu Pendidikan menjadi fokus utama dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sekolah menjadi salah satu sarana dalam peningkatan sumber daya manusia tersebut. Melalui sekolah, peserta didik belajar untuk mengetahui dan membangun keahlian serta membangun karakteristik mereka sebagai bekal menuju kedewasaan.
Guru sebagai pendidik dan tenaga kependidikan juga mempunyai peranan dalam menentukan dan mencapai tujuan yang ditetapkan serta melaksanakan tanggung jawab dalam peningkatan sumber daya manusia tersebut. Dalam hal ini guru tidak hanya semata-mata berperan sebagai pengajar yang melakukan transfer knowledge, tetapi juga sebagai pendidik yang melakukan transfer of values dan sekaligus sebagai pembimbing yang memberikan pengarahan dan menuntun siswa dalam belajar. (sardiman, 2012:125)
Sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 ayat (1) PP No. 19/2017, menyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sehingga , seorang guru harus memiliki kompetensi yang diharapkan, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Kompetensi ini disiapkan melalui Pendidikan akademik dan pendidikan profesi.
Salah satu usaha dalam memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan menciptakan tenaga guru yang lebih profesional yaitu melalui berbagai bentuk aktifitas di sekolah seperti program praktik keguruan. Sehingga Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan program kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) sebagai tahapan kedua dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan yang dilaksanakan pada semester enam. Sebagai tahap lanjutan dari PLP I, PLP II.
Program Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman awal untuk membangun jati diri pendidik, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan. Aktivitas mahasiswa pada tahapan PLP II meliputi telaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru, strategi pembelajaran, system evaluasi, perancangan RPP, pengembangan media pembelajaran, pengembangan bahan ajar dan perangkat evaluasi.
Selain itu, mahasiswa mengimplementasikan pembelajaran di kelas dengan bimbingan guru pamong (sebagai asisten guru) dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dan dengan keberadaan program Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam bidang akademik dan profesi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Anggun Melina Sumantari
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:44
Last Modified: 22 Sep 2021 01:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/28125

Actions (login required)

View Item View Item