BLANDED LEARNING SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI

Kurniawan, Muhammad Ragil (2015) BLANDED LEARNING SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI. Prosiding Seminar Nasional "Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak melalui Literasi", 2 (2). pp. 125-133. ISSN 978-602-98647-4-8

[thumbnail of [BURN] Prosiding Pendas 2015 Vol 2.pdf]
Preview
Text
[BURN] Prosiding Pendas 2015 Vol 2.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Abstraksi. Internet menjadi fenomena yang tak terbendung dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Data menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia menjadi negara terbesar dalam mengkonsumsi internet khususnya media sosial, tidak terlepas di dalamnya adalah kalangan anak-anak dan remaja. Anak-anak dan remaja yang lahir di era digital akan susah untuk dipisahkan dari akses teknologi dan internet. Teknologi akan selalu mendampingi pertumbuhan anak. Oleh karenanya, tugas sekolah yang memanfaatkan teknologi (khususnya internet) penting untuk digalakkan. Dalam konteks pembelajaran, tugas sekolah tersebut berorientasi mengarahkan dan mengajarkan kepada para siswa bagaimana cara berinteraksi yang baik di dunia maya serta dapat memanfaatkan teknologi (khususnya internet) dengan sebaik-baiknya. Selain itu, berhubungan dengan keragaman sumber yang ada di internet, sekolah sudah selayaknya mengajarkan kepada siswa bagaimana cara memperoleh serta memvalidasi informasi yang didapat. Proses validasi informasi tersebut menjadi penting agar siswa tidak tersesat di tengah derasnya arus informasi. Proses pemanfaatan internet dalam pembelajaran dapat dikombinasikan dengan kegiatan tatap muka. Kombinasi antara kegiatan tatap muka dengan kegiatan pembelajaran menggunakan internet disebut dengan istilah blanded learning. Beberapa fasilitas dalam dunia maya yang dapat dimaksimalkan untuk kegiatan pembelajaran diantaranya: learning management sistem, milinglist, blog, dan sosial media.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mpd Ragil Kurniawan
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:27
Last Modified: 28 Mar 2016 08:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item