UPAYA PENDAMPINGAN LITERASI NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI DI SD NEGERI 4 WIRO BERSAMA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2

Anggraeni, Lia (2021) UPAYA PENDAMPINGAN LITERASI NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI DI SD NEGERI 4 WIRO BERSAMA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2. [Laporan KKN] (Submitted)

[thumbnail of JUDUL KKN_REG 87 Kampus mengajar II.pdf] Text
JUDUL KKN_REG 87 Kampus mengajar II.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_KKN REG 87 Kampus Mengajar II.pdf] Text
ISI LAPORAN_KKN REG 87 Kampus Mengajar II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)

Abstract

Kampus Mengajar merupakan salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Republik Indonesia. Kampus Mengajar ini bertujuan untuk membantu pelayanan pendidikan jenjang Sekolah Dasar dengan sasaran 3T. Pada kegiatan ini, terdapat 3 poin penting dalam rencana program kegiatan yang diajukan oleh Menteri Pendidikan Republik Indonesia yaitu membantu dalam Mengajar, membantu Administrasi Manajerial Sekolah dan membantu Adaptasi Teknologi. Metode penelitian yang dilakukan berupa pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah SD Negeri 4 Wiro terletak di dusun Jonggrangan Desa Wiro Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten yang berjumlah 63 siswa. Objek penelitian adalah implementasi kampus mengajar di SD Negeri 4 Wiro. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi dapat disimpulkan Program pertama yang diimplementasikan yaitu bantuan pembelajaran secara luring berjalan dengan baik dan lancar. Metode proses pembelajaran luring yang akan diterapkan adalah bantuan pembelajaran siswa dengan penggunaan teknologi media video dan media pembelajaran lainnya untuk pembelajaran tematik siswa. Program kedua yang diimplementasikan yaitu bantuan adaptasi teknologi berupa pelatihan penggunaan Microsoft Office dalam proses pembelajaran yang berjalan dengan baik. Program ketiga yang diimplementasikan yaitu bantuan administrasi sekolah berupa pengisian data dapodik, mengoreksi ujian dan, persiapan dan pelaksanaan ANBK, PTS, dan PAT.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-English Letters(S1-Sastra Inggris)
Depositing User: Lia Anggraeni
Date Deposited: 28 Dec 2021 01:22
Last Modified: 28 Dec 2021 01:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30141

Actions (login required)

View Item View Item