Nuranisah, mellynda (2021) Kuliah Kerja Nyata Program Kampus Merdeka Pendampingan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri Pakuncen. Universitas Ahmad Dahlan Periode LXXXVII DIVISI I.D.2 Tahun Akademik 2021/2022. [Laporan KKN] (Unpublished)
Text
JUDUL_I.D.2_REGULER 87.pdf Download (283kB) |
|
Text
ISI LAPORAN_I.D.2_REGULER 87.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kampus mengajar angkatan 2 merupakan program kampus merdeka yang
dicetuskan oleh Kemendikbud untuk melanjutkan program sebelumnya yaitu kampus
mengajar perintis dan kampus mengajar angkatan 1. Program ini dilaksanakan selama
lima bulan, dengan bobot sebanyak 20 SKS. Program kampus mengajar mempunyai
tujuan yaitu melibatkan mahasiswa dalam menguatkan numerasi dan literasi terhadap
siswa di jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).
Kampus mengajar berfokus pada 3 bidang kegiatan antara lain numerasi, literasi,
dan adaptasi teknologi. Adapun sekolah yang dituju pada program kampus mengajar
ini adalah sekolah yang berada di daerah 3T (Tertinggal, Terbelakang, Terluar) dan
sekolah yang berakreditasi maksimal B. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa ikut
membantu proses belajar mengajar yang difokuskan pada peningkatan literasi
numerasi, adapatasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah. Di samping itu
mahasiswa juga menjadi duta prokes (Protokol Kesehatan) yang melakukan sosialisasi
mengenai pentingnya menjaga protokol kesehatan dalam pembelajaran.
Kegiatan kampus mengajar angkatan 2 di SD Negeri Pakuncen dilaksanakan pada
tanggal 02 Agustus – 18 Desember 2021. Mahasiswa yang ditempatkan di SD Negeri
pakuncen terdiri dari enam mahasiswa dari lima PTN/PTS diantaranya Universitas
Gajah Mada, Universitas Negeri Semarang, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas
Islam Indonesia, dan Universitas Wahid Hasyim. Dalam waktu lima bulan tersebut
mahasiswa dapat berkolaborasi dengan guru SD Negeri Pakuncen dengan baik.
Kolaborasi yang baik ini ditunjukan dengan lancarnya siswa kelas V dalam
melaksanakan assessment nasional. Di samping berkolaborasi dalam numerasi,
literasi, dan adaptasi teknologi, mahasiswa dan guru juga bersama – sama membenahi
administrasi SD dengan baik ditandai dengan suksesnya pelaksanaan Penilaian Kinerja
Kepala Sekolah.
Item Type: | Laporan KKN |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | Mellynda Nuranisah |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 06:30 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 06:30 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30314 |
Actions (login required)
View Item |