Plagiarism HASIL CEK_Jurnal Counsellia_Potret Interpersonal Communication Skill Mahasiswa Calon Konselor

Widyastuti, Dian Ari (2018) Plagiarism HASIL CEK_Jurnal Counsellia_Potret Interpersonal Communication Skill Mahasiswa Calon Konselor. Counsellia, 8 (1). ISSN 2088-3072

[thumbnail of 1. HASIL CEK_Jurnal Counsellia_Potret Interpersonal Communication Skill Mahasiswa Calon Konselor.pdf] Text
1. HASIL CEK_Jurnal Counsellia_Potret Interpersonal Communication Skill Mahasiswa Calon Konselor.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari studi ini untuk mengetahui tingkat interpersonal communication skill mahasiswa calon konselor. Studi ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa skala Interpersonal Communication Skill (ICS). Subjek penelitian berjumlah 105 mahasiswa baru Program Studi Bimbingan dan Konseling di salah satu erguruan tinggi di Kota Yogyakarta yang diambil melalui teknik random sampling. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dimana pengelompokkan kriteria dihitung menggunakan rumus standar deviasi dan mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 14,29% mahasiswa berada pada kriteria interpersonal communication skill sangat tinggi, 23,81% mahasiswa berada pada kriteria interpersonal communication skill tinggi, 37,14% mahasiswa berada pada kriteria interpersonal communication skill sedang, 20% mahasiswa berada pada kriteria sinterpersonal communication skill rendah, dan 4,76% siswa berada pada riteria interpersonal communication skill sangat rendah. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam upaya mengembangkan interpersonal communication skill mahasiswa calon konselor.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: M.Pd Dian Widyastuti
Date Deposited: 12 Feb 2022 04:25
Last Modified: 12 Feb 2022 04:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32428

Actions (login required)

View Item View Item