Bhakti, Caraka Putra and Hartanto, Dody (2016) Pembelajaran Student Center Learning Pada Mata Kuliah Manajemen Bimbingan dan Konseling. PENGEMBANGAN PROFESI BIMBINGAN DAN KONSELING . University press – UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA, The Sun Hotel, Sidoarjo, Jawa Timur. ISBN 978-979-028-865-2
Text
Prosiding Temu Kolegial UNESA 12-14 Agustus 2016.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sosok lulusan LPTK harus merujuk kepada standar nasional yang disesuaikan dengan karakteristik pendidikan tinggi yang wajib menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. LPTK membuat rencana dan pengaturan mengenai profil lulusan, capaian pembelajaran, bahan kajian, proses pembelajaran, dan penilaian yang mengacu berbagai ketentuan yang mengatur pembelajaran di Perguruan Tinggi. Profil lulusan Pendidikan akademik S-1 bimbingan dan konseling adalah guru bimbingan dan konseling. Profil lulusan bermuara pada pencapaian pembelajaran (learning outcome). Salah satu capaian pembelajaran adalah mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program bimbingan dan konseling secara mandiri yang ditempuh melalui mata kuliah manajemen bimbingan dan konseling. Sistem pembelajaran dalam pendidikan akademik memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa yang mengarah Student Center Learning (SCL). Beberapa strategi pembelajaran SCL adalah discovery learning, project based learning, dan problem based learning. Pada penerapan SCL dosen dituntut untuk mampu memfasilitasi, memotivasi, memberi tutorial, memberi umpan balik kepada mahasiswa
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | Caraka Putra Bhakti |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 01:03 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 01:03 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3350 |
Actions (login required)
View Item |