Kumara, Agus (2015) Pemahaman Guru bimbingan dan Konseling Terhadap Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di SMK Negeri se-Kabupaten Bantul. Jurnal Konseling Komprehensif, 2 (1). pp. 12-18. ISSN 2355-7303
Text
jurnal konseling komprehensif volume 2.pdf Download (12MB) |
Abstract
Permendiknas 27 Tahun 2008 mengarahkan konselor harus memiliki kompetensi dalam mengembangkan program BK yang komprehensif dengan mempertimbangkan perkembangan siswa. Pelatihan dan workshop sudah dilakukan, namun hingga ini beberapa guru BK/konselor belum sepenuhnya memahami bagaimana merancang program BK yang komprehensif sehinga implementasi program berjalan tidak maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman guru Bimbingan dan konsleing di SMK Negeri se-Kabupaten Bantul tentang Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan teknik deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari guru BK SMK Negeri Se-Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data dengan angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif dengan teknik distribusi frekuensi. Hasil penelitian, (1) Pemahaman Guru Bimbingan danKonseling (BK) di SMK Se-Kabupaten Bantul terhadap konsep program Bimbingan dan Konseling Komprehensif termasuk dalam kategori tinggi. (2) Pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling (BK) di SMK se-Kabupaten Bantul terhadap manajemen program Bimbingan dan Konseling Komprehensif termasuk dalam kategori sedang.
Kata kunci : Pemahaman, bimbingan dan konselig komprehensif
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 04:04 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 04:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3360 |
Actions (login required)
View Item |