Gesang, Anik Oktavia and Kurniawan, Muhammad Ragil (2016) INTEGRASI PERAN ORANG TUA DALAM UPAYA PERBAIKAN KARAKTER UNTUK ANAK INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 178-182. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1
Text
Anik Oktavia, M Ragil_PGSD UAD2.pdf Download (946kB) |
Abstract
Orang tua adalah sumber pertama dalam proses terciptanya karakter pada anak. Karakter anak tercipta melalui adopsi perilaku yang dicontohkan oleh orang tua. Selain itu factor lain juga berkontribusi dalam proses terbentuknya karakter anak terutama pengaruh lingkungan seperti, teman bermain, media masa, dan sebagainya. Sangat diperlukan fondasi karakter yang kokoh dari orang tua. Apabila fondasi karakter ini selalu dibangun oleh orang tua maka factor lingkungan tidak akan mengubah karakter anak menjadi buruk. Namun kondisi di lapangan, factor lingkungan tetap gencar dalam mengubah karakter anak menjadi buruk. Sayangnya banyak orang tua yang tidak peduli dengan kondisi degradasi karakter pada anak karena faktor lingkungan ini. Tindakan yang dilakukan orang tua sekedar menitipkan anak pada sekolah-sekolah tertentu yang diharap- kan dapat mengubah karakter anak tersebut. Padahal jelas bahwa proses perbaikan karakter anak tidak hanya dilakukan oleh sekolah saja namun peran orang tua merupakan kunci keberhasilan terciptanya karakter baik pada anak. Sehingga melalui pengintegrasian peran orang tua yang bek- erjasama dengan sekolah dapat menjadi upaya perbaikan karakter anak Indonesia.
Kata kunci: Perbaikan karakter, peran orang tua, kerjasama.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3364 |
Actions (login required)
View Item |