Nuansari, Ariska Ade and Ilmi, Yuslanti and Puspita, Rosa Anindya and Ratu, Novisita and Mampouw, Helti Ligiya (2016) PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL VOLUME KUBUS DAN BALOK DENGAN KUBUS SATUAN PADA SISWA KELAS V DAN VI SD. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 279-288. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1
Text
Ariske Ade_UKSW2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pentingnya pemahaman siswa terkait volume kubus dan balok menjadi dasar dalam mema- hami volume bangun ruang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal volume kubus dan balok dengan menggunakan kubus satuan pada siswa kelas V dan VI Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 8 siswa yang terdiri dari 4 siswa kelas V dan 4 siswa kelas VI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal volume kubus dan balok, hampir semua siswa dalam mengerjakan semua soal menggunakan cara berpikir reflektif, ada satu siswa yang menger- jakan soal nomor 2 dengan cara berpikir proposional, terdapat lima siswa mengerjakan soal nomor
2 dan 5 menggunakan cara berpikir kombinatorial. Terdapat satu subjek yang mengerjakan soal nomor 2 dan 3 menggunakan cara berpikir adolensensi namun tidak dapat menyelesaikan secara tepat, dan ada satu subjek yang tidak mengerjakan soal nomor 5.
Kata Kunci: pemahaman, volume kubus dan balok, teori berfikir piaget
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3368 |
Actions (login required)
View Item |