PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF PADA TEMA MENGHARGAI JASA PAHLAWAN BERBASIS SOSIOKULTURAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SERAYU YOGYAKARTA

Erviana, Vera Yuli (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF PADA TEMA MENGHARGAI JASA PAHLAWAN BERBASIS SOSIOKULTURAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SERAYU YOGYAKARTA. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 201-207. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1

[thumbnail of Vera Yuli _UAD.pdf] Text
Vera Yuli _UAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran tematik-integratif pada tema “Menghargai Jasa Pahlawan” berbasis sosiokultural yang layak bagi peserta didik kelas IV di SD N Serayu, dan 2) mengetahui efektivitas media pembelajaran tematik-integratif pada tema “Menghargai Jasa Pahlawan” berbasis sosiokultural untuk peserta didik kelas IV di SD N Ser- ayu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Tahapan penelitian terdiri dari eksplorasi, perencanaan, pengembangan produk, uji produk, dan finalisasi. Validasi melibatkan 2 dosen ahli media pembelajaran, 3 praktisi, dan 2 rekan sejawat. Subjek uji coba penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Serayu yang berjum- lah 60 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar penilaian kelayakan media pembelajaran, lembar observasi, dan lembar angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, angket expert, observasi, dan angket guru. Teknik anal- isis data dengan analisis deskiptif, uji Levene Statistic dan Independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran yang dikembangkan layak di- gunakan dengan kategori “sangat baik” dan 2) media pembelajaran efektif meningkatkan kemam- puan belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Serayu. Keefektifan ditinjau dari hasil observasi dan angket memperoleh kategori sangat baik dan respon yang positif. Ada perbedaan keefektifan media pembelajaran yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan signifikansi p=0,001≤0,05.

Kata Kunci: pembelajaran tematik-integratif, media pembelajaran, sosiokultural

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 23 Aug 2016 04:32
Last Modified: 23 Aug 2016 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item