ANALISIS TREND PENELITIAN PENDIDIKAN SAINS

Rosana, Dadan (2016) ANALISIS TREND PENELITIAN PENDIDIKAN SAINS. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 487-493. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1

[thumbnail of Dadan Rosana_UNY2.pdf] Text
Dadan Rosana_UNY2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tantangan pendidikan di depan mata adalah datangnya era globalisasi yang menuntut kuali- fikasi sumber daya manusia yang memiliki keunggulan untuk bersaing karena telah mulai me- masuki abad XXI, tetapi dalam dunia pendidikan sudah dirasakan adanya pergeseran, dan bahkan perubahan yang bersifat mendasar pada tataran filsafat, arah serta tujuannya. Tidaklah berlebihan bila dikatakan kemajuan ilmu tersebut dipicu oleh lahirnya sains dan teknologi komputer. Dengan piranti mana kemajuan sains dan teknologi terutama dalam bidang cognitive science, bio-molecu- lar, information technology dan nano-science kemudian menjadi kelompok ilmu pengetahuan yang mencirikan abad XXI. Salah satu instrumen keunggulan suatu bangsa adalah keunggulan dalam bidang riset atau penelitian yang salah satunya yang dipandang sangat penting adalah peneli- tian bidang pendidikan. Kecenderungan dan tren penelitian pendidikan sains selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan ini mengikuti fenomena permasalahan pendidikan yang sedang berkembang di lapangan. Penelitian pendidikan sains diupayakan yang bermanfaat bagi kehidupan. Penelitian pendidikan sains tidak terbatas pada penelitian di dalam kelas tentang pembelajaran. Banyak aspek lain yang dapat diangkat menjadi penelitian pendidikan sains, sep- erti kearifan lokal yang ditransfer dalam kelompok-kelompok budaya tertentu dari satu generasi ke generasi berikutnya, selain pengembangan penalaran dan berpikir tingkat tinggi. Bahkan aspek pendidikan dari biokonservasi, atau aspek saintifik dari konsep konservasi (bilangan, luas, vol- ume) menurut Piaget & Inhelder masih terbuka lebar untuk diteliti. Pemberdayaan bahan dasar setempat sebagai teaching material, atau pemanfaatan IT (information technology) sebagai pem- belajaran berbantuan kom-puter, program animasi, dan pengembangan media elektronik untuk konsep-konsep sains yang abstrak (genetika sel ultrastruktur, gerak permukaan bumi, pergerakan benda-benda langit), yang prosesnya memerlukan waktu lama (perubahan iklim, evolusi, perkem- bangan embryo), atau waktunya terlalu singkat (pembelahan sel, gempa bumi), atau cakupannya terlalu luas (biosfer, sains kelautan).

Kata kunci: Trend penelitian, pendidikan sains, keterampilan abad XXI, sumber daya manusia

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Economic Development (S1 Ekonomi Pembangunan)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 30 Aug 2016 03:20
Last Modified: 30 Aug 2016 03:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3430

Actions (login required)

View Item View Item