Hartanto, Dody (2022) UPAYA MENINGKATKAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNINGPADA SISWA KELAS VIIISMP N 2 PACE. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3 (2). ISSN 2746-5977
Text
Hasil Check_Hartanto et al_Manajemen Waktu.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tugas utama seorang siswa di sekolah adalah belajar, halpertama yang dibutuhkan seorang siswa adalah mampu dalam mengatur waktu untuk belajar. Namun salah satu kelemahan sebagian siswa adalah kesulitan dalam mengatur waktu untuk belajar. Seringkali masalah kekurangan waktu untuk belajar dijadikan alasan tidak terselesaikannya tugas. Padahal sesungguhnya mereka kurang memiliki keteraturan dan disiplin untuk menggunakan waktunya secara efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan klasikal dengan metode project based learningefektif dalammeningkatkan manajemen waktu belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitianini adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 2 PaceTahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian paired sampel t-tesdiperoleh nilai thitungsebesar 25,381 > 1,698 ttabel,maka H0ditolak Haditerima. Hal ini berarti layanan bimbingan klasikal dengan metode project based learningefektif untuk meningkatkan manajemen waktu belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pace. Adapaun besar peningkatan manajemen waktu belajar siswakelas VIII SMP Negeri 2 Pacerata-rata sebesar 11,56
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | Dr. Dody Hartanto |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 02:22 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 02:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36574 |
Actions (login required)
View Item |