PENGARUH MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD JARAKAN SEWON BANTUL

Purwaaktari, Eni (2016) PENGARUH MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD JARAKAN SEWON BANTUL. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 86-94. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1

[thumbnail of Eni Purwakarti_SD Timbulharjo.pdf] Text
Eni Purwakarti_SD Timbulharjo.pdf

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model collaborative learning ter- hadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap sosial siswa kelas V SD Jarakan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain randomized pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Jarakan pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas 5a, 5b, 5c, dan 5d. Sampel sejumlah tiga kelas (dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol) diten- tukan melalui pengundian. Data dikumpulkan menggunakan tes dan angket. Validitas instrumen tes dan angket diperoleh dari expert judgement sedangkan estimasi reliabilitasnya diperoleh den- gan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan uji t dan uji Hotell- ing’s dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model col- laborative learning terhadap sikap sosial siswa, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap sosial siswa yang diteliti.

Kata kunci: collaborative learning, mathematical problem solving ability, social attitudes.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 17 Sep 2016 05:23
Last Modified: 17 Sep 2016 05:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3669

Actions (login required)

View Item View Item