PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGALI SUMBER BAHAN PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KETERAMPILAN

Widihastrini, Florentina (2016) PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGALI SUMBER BAHAN PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KETERAMPILAN. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 423-428. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1

[thumbnail of Florentina_PGSD UNNES.pdf] Text
Florentina_PGSD UNNES.pdf

Download (340kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dalam menemukan sumber bahan dalam mata kuliah pendidikan keterampilan belum optimal, praktek pembuatan hasil karya belum ber- variasi, perkuliahaan masih terpusat pada teori dari dosen. Adapun rumusan masalahnya adalah (1) sejauh mana strategi pembelajaran yang harus dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa menggali sumber bahan, (2) bagaimanakah mengembangkan pembelajaran dengan model inkuiri berbasis lingkungan pada mata kuliah pendidikan keterampilan di PGSD mam- pu meningkatkan kompetensi mahasiswa secara optimal. Dengan menggunakan metode inkuiri berbasis lingkungan, mahasiswa sebagai subyek belajar dibebaskan untuk menciptakan makna, pengertian baru berdasarkan apa yang diketahui dengan fenomena, ide atau informasi yang dipela- jari, dimana mahasiswa dapat menggali, menemukan dan mengembangkan pengetahuan dan me- manfaatkan sumber bahan yang ada di lingkungan.Melalui metode inkuiri berbasis lingkungan, belajar akan lebih bermakna bila mahasiswa mengalami langsung apa yang dipelajari.
Rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan awal, perencanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setting penelitian adalah mahasiswa jurusan SI PGSD UNNES 2014/2015 dengan jumlah 41. Pengumpulan data dilakukan dengan menggu- nakan pengamatan, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Sumber data adalah dosen, mahasiswa, foto, catatan lapangan. Data penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data dengan menggunakandan statistik deskriptif dari penyajian data bentuk persentase diambil kesimpulan masing-masing indikator berdasarkan kriteria yang ditetapkan, dan deskriptif kualitatif. Keberhasilan tindakan dengan indikator kinerja kemampuan mahasiswa dalam meng- gali sumber bahan untuk karya kerajinan pada kriteria baik dan aktivitas mahasiswa dalam pem- belajaran pada kriteria baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menggali sumber bahan batik siklus 1 dengan rerata skor 2.8 dengan kriteria sedang, siklus 2 dengan rerata skor 3.5 den- gan kriteria cukup, pada siklus 3 mendapatkan rerata skor 3,9 pada kriteria baik. Pada aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran pada siklus 1 mendapatkan skor 3.3 pada kriteria cukup, pada siklus 2 dengan rerata skor 4.1 dengan kriteria baik dan pada siklus 3 dengan rerata skor 3,9 pada kriteria baik. Adapun sarannya adalah Pemberdayaan mahasiswa dalam proses pembelajaran melalui pendekatan inovatif perlu dilakukakan, untuk lebih meningkatkan kemampuan dan aktivi- tas mahasiswa dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Inkuri berbasis lingkungan, hasil karya.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 17 Sep 2016 05:22
Last Modified: 17 Sep 2016 05:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3684

Actions (login required)

View Item View Item