Hasil Pemeriksaan Kemiripan "Bermain Peran: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak"

Yuniati, Sri and Rohmadheny, Prima Suci (2020) Hasil Pemeriksaan Kemiripan "Bermain Peran: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak". Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1). ISSN 2549-8959

[thumbnail of HASIL CEK_JURNAL 4.pdf] Text
HASIL CEK_JURNAL 4.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menggambarkan pelaksanaan pembelajaran dengan metode bermain peran dan
mendeskripsikan peningkakan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di TK ABA
Tegalsari Banguntapan Bantul adalah tujuan penelitian ini. Penelitian Tindakan Kelas ini
menggunakan Model Kemmis dan Mc Taggart dalam 2 siklus. Sebanyak 20 anak menjadi
subyek. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan dokumentasi. Data kualitatif
dianalisis menggunakan model Miles&Huberman dan data kuantitatif menggunakan analisis
deskriptif. Kriteria keberhasilan tindakan sebesar 70%. Perbaikan pembelajaran ditunjukkan
sebagai berikut: (1) kegiatan transisi sebelum main berjalan baik; (2) diskusi pemeranan dan
alur cerita lebih detil; (3) media semakin menarik; (4) kegiatan recalling semakin interaktif; (5)
penguatan bahasa anak semakin baik; (6) interaksi dan komunikasi anak semakin baik. Hasil
pratindakan menunjukkan 15% anak mencapai kriteria berkembang sesuai harapan (BSH).
Setelah siklus I, prosentase tersebut menjadi 50% dan akhir siklus II menjadi 80%. Dengan
demikian, pembelajaran metode bermain peran yang dilaksanakan dengan benar telah
meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Prima Suci Rohmadheny
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:44
Last Modified: 19 Sep 2022 02:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36959

Actions (login required)

View Item View Item