Gusyanti, Gusyanti (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR SENI TARI. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 62-64. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1
Text
Gusyanti_P4TK.pdf Download (336kB) |
Abstract
Pengembangan instrumen penilaian pembelajaran untuk mengetahui kompetensi hasi pem- belajaran seni tari di Sekolah Dasar. Analisis untuk menguji keterpercayaan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian validitas menggunakan content validity yang diberikan oleh expert judgement . Pengujian reliabilitas menggunakan teknik yang dikembangkan oleh Al- pha Cronbach dengan mengetahui reliabilitas instrumen penilaian dari sisi tingkat reliabilitas konsistensi internal. Data dari rater dianalisis dengan cara mengukur validitas dan reliabilitas instrumen penilaian. Berdasarkan hasil analisa didapatkan instrumen yang valid dan reliabel. Indikator yang digunakan unutk menilai kompetensi hasil pembelajaran Seni Tari mencakup tiga ranah, yaitu: kognitif yang terinci menjadi 7 indikator , afektif yang terinci menjadi 8 indikator, dan psikomotor yang terinci menjadi 10 indikator.
Kata kunci: Penilaian, Hasil Pembelajaran, Seni Tari.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 09:36 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 09:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3777 |
Actions (login required)
View Item |