PERAN GURU SD DALAM MEMBANGUN KARAKTER DAN KECAKAPAN DI ABAD 21

Saputro, Hengkang Bara (2016) PERAN GURU SD DALAM MEMBANGUN KARAKTER DAN KECAKAPAN DI ABAD 21. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 195-200. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1

[thumbnail of Hengkang Bara_PGSD FKIP.pdf] Text
Hengkang Bara_PGSD FKIP.pdf

Download (408kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan hal urgen yang perlu kita persiapkan untuk meningkatkan daya saing bangsa di abad 21. Pendidikan di era sekarang ini tidak hanya mengejar intelektualitas semata, namun menyangkut karakter, baik karakter moral dan juga karakter unjuk kerja. San- gat penting bagi para guru SD untuk mempersiapkan bonus demografi (demographic dividend) Indonesia pada tahun 2015-2030. Terdapat hubungan yang sangat erat antara pengembangan karakter, pembangunan nasional, dan kecakapan abad 21(21st century skills).Para guru memiliki peran strategis dalam mengembangkan karakter dan kecakapan generasi bangsa. Pada setiap prak- tik pembelajaran yang dilaksanakan, memiliki kesempatan besar dalam keberhasilan membangun karakter siswa dan membekali mereka berbagai kecakapan di abad 21. Pendidikan karakter yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran dapat mempertimbangkan dua aspek, yaitu aspek strategi pembelajaran dan aspek keilmuan mata pelajaran yang diajarkan.Semakin optimalnya peran guru sebagai pendidik, diharapkan generasi bangsa akan memiliki karakter yang unggul dan menguasai berbagai kecakapan di abad 21.

Kata kunci: karakter, pendidikan karakter, integrasi pendidikan karakter, kecakapan abad 21

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 27 Sep 2016 09:37
Last Modified: 27 Sep 2016 09:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3779

Actions (login required)

View Item View Item