THE IMPLEMENTATION OF CURRICULUM 2013 IN ISLAMIC EDUCATION SUBJECT AT MUHAMMADIYAH PAKEM ELEMENTARY SCHOOL

Tukinem, tukinem and Widodo, Hendro (2019) THE IMPLEMENTATION OF CURRICULUM 2013 IN ISLAMIC EDUCATION SUBJECT AT MUHAMMADIYAH PAKEM ELEMENTARY SCHOOL. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 5 (2). ISSN e-ISSN : 2460-2345, p-ISSN: 2442-6997

[thumbnail of THE IMPLEMENTATION OF CURRICULUM 2013 IN ISLAMIC EDUCATION SUBJECT AT MUHAMMADIYAH PAKEM ELEMENTARY SCHOOL.pdf] Text
THE IMPLEMENTATION OF CURRICULUM 2013 IN ISLAMIC EDUCATION SUBJECT AT MUHAMMADIYAH PAKEM ELEMENTARY SCHOOL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang muncul terkait dengan implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran, khususnya Pendidikan Agama Islam di SDN Muhammadiyah Pakem, yang maksimal belum seperti yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk dapat mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem . Metode penelitian ini adalah dengan wawancara tidak terstruktur dan observasi langsung. Hasil dari penelitian ini adalah Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem telah menerapkan kurikulum 2013 dalam Pendidikan Islam terutama dalam proses pembelajaran, tetapi penilaiannya masih menggunakan penilaian kurikulum berbasis sekolah. Ini karena
kurangnya kejelasan terkait dengan perangkat atau aplikasi yang digunakan untuk penilaian kurikulum 2013. Faktor pendukung untuk implementasi kurikulum 2013 dalam Pendidikan Islam adalah adanya sumber daya manusia yang memadai, keberadaan guru yang sebagian besar masih muda
dan energik. Faktor penghambatnya adalah kurangnya ketersediaan fasilitas dan infrastruktur yang mendukung proses pembelajaran, serta tidak adanya kurikulum 2013 dalam aplikasi penilaian Pendidikan Islam. Kesimpulannya adalah bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam Pendidikan Islam telah
dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem dalam proses pembelajaran, sementara penilaiannya masih menggunakan penilaian kurikulum berbasis sekolah. Ini tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambat yang menyertainya.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr. Hendro Widodo
Date Deposited: 05 Dec 2022 06:59
Last Modified: 05 Dec 2022 06:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37821

Actions (login required)

View Item View Item