Juliani, Wikanti Iffah and Widodo, Hendro (2019) INTEGRASI EMPAT PILAR PENDIDIKAN (UNESCO) MELALUI PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 10 (2). ISSN P ISSN ; 2087-7064 E ISSN : 2549-7146
Text
INTEGRASI EMPAT PILAR PENDIDIKAN (UNESCO) MELALUI PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah usaha untuk mencari informasi yang berguna bagi kehidupan. Belajar untuk mengetahui sesuatu (learning to know) menjadi sebuah usaha yang dilakukan dalam mendapatkan pengetahuan untuk membedakan hal-hal yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat. Pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh
selanjutnya diaplikasikan untuk memecahkan masalah yang muncul dan mendapatkan sebuah perubahan. Penguasaan terhadap ilmu pengetahuan inilah yang akan mengantarkan siswa menemukan jati dirinya dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Setelah semua proses belajar tersebut dilalui maka seorang siswa akan mampu beradaptasi di lingkungan dan menjalankan perannya di dalam masyarakat. Hasil belajar yang akan diperoleh siswa juga bergantung pada kontribusi kurikulum yang telah dibuat. Oleh karena itu dalam pembuatan sebuah kurikulum diupayakan sesuai dengan kebutuhan,
tidak terkotak-kotak dan dapat merefleksikan seluruh aspek secara menyeluruh dan kontekstual. Keutuhan tersebut membutuhkan karakter yang baik agar semakin memperjelas dalam memunculkan pribadi yang paripurna
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Dr. Hendro Widodo |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 07:42 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 07:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37824 |
Actions (login required)
View Item |