Hakim, Lukman (2022) Antara Spirit Doll dan Spirit Ketauhidan: Analisis Pesan Para Dai terkait Fenomena Spirit Doll. [Artikel Dosen]
Text
2542-Article Text-11422-1-10-20221101_221101_180344.pdf Download (376kB) |
|
Text
Peer Review.pdf Download (187kB) |
|
Text
HASIL CEK_Lukman Hakim.pdf Download (2MB) |
Abstract
Fenomena spirit doll telah menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Banyak orang senang merawat dan menjaga boneka ini layaknya anak bayi dengan memberikan banyak perhatian kepadanya. Testimoni positif dari para pengguna yang membuat ia semakin terkenal dan harganya juga semakin mahal. Peneliti menggunakan metode library research guna mendalami hal tersebut terkhusus respons para dai dan organisasi keislaman terkait spirit doll ini. Hasilnya para dai yang diteliti mempunyai pandangan yang sama bahwasanya bermain dan merawat boneka itu diperbolehkan dengan syarat tidak berlebihan dan menjadikannya sebagai wasilah untuk memperoleh kemuliaan dan kebahagiaan hidup di dunia. para dai telah menyampaikan pesan yang mencakup 3 aspek yakni kognitif, afektif, dan juga psikomotorik. Para dai telah banyak menyampaikan dengan lugas dan tegas ilmu pengetahuan boneka maupun ruh dan berbagai dimensinya. Para dai juga berpesan agar umat Islam tidak terjebak pada tren yang justru dapat menjatuhkan diri dalam kemusyrikan. Dan yang terakhir para dai berpesan untuk memanfaatkann harta, tenaga, dan waktu yang dimiliki untuk bisa disalurkan kepada yang jelas dan baik seperti merawat anak yatim, memberikan santunan dan donasi kepada yang berhak serta berbagai kebaikan- kebaikan lainnya.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Additional Information: | Spirit Dolls, Tawheed, spirit doll, social media |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | Lumak Hakim |
Date Deposited: | 17 Dec 2022 07:17 |
Last Modified: | 17 Dec 2022 07:17 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38022 |
Actions (login required)
View Item |