Analisis penerapan teknik brainstorming Terhadap kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika

Rifcha Wahyu Widiana, Zullinar and Hernadi, Julan (2018) Analisis penerapan teknik brainstorming Terhadap kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Analisis Penerapan Brain Storming.pdf] Text
Analisis Penerapan Brain Storming.pdf

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis teknik brainstorming terhadap peningkatan keberanian
berpendapat siswa. (2) mendeskripsikan peningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa melalui
teknik brainstorming. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi seluruh siswa kelas
VIII SMP Negeri 5 Ponorogo yang terdiri dari sepuluh kelas dan diambil kelas VIII F sebagai sampel. Pemilihan
sampel ini dipertimbangkan dari segi kognitif baik, tetapi keberanian berpendapatnya masih rendah. Teknik
analisis data untuk mengetahui ketercapaian teknik brainstorming ditinjau dari hasil observasi guru, observasi
siswa dan pemahaman siswa. Sedangkan untuk menganalisis peningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir
kritis siswa ditinjau dari aspek sikap berdasarkan kuesioner dan indikator berdasarkan tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ketercapaian teknik brainstorming mencapai kriteria baik sekali, yaitu 82,63%. Hal ini
menunjukkan bahwa keberanian siswa berpendapat juga meningkat. Selain itu, teknik brainstorming juga dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa berdasarkan aspek sikap dan indikator yang
ada. Aspek sikap kemampuan berpikir kreatif yang meningkat adalah kebebasan berpendapat, sikap imajinatif, rasa
ingin tahu dan sikap mengajukan pertanyaan yang relevan, sedangkan aspek lainnya belum ada peningkatan.
Indikator kemampuan berpikir kreatif yang meningkatkan adalah orisinalitas gagasan, kelancaran dan elaborasi,
sedangkan indikator lainnya belum ada peningkatan. Aspek sikap kemampuan berpikir kritis yang meningkat
adalah kejelasan, relevan, logis, dan detail/lengkap, sedangkan aspek lainnya belum ada peningkatan. Indikator
kemampuan berpikir kritis yang meningkatkan adalah mengidentifikasi data relevan dan tidak relevan suatu
permasalahan, mengidentifikasi asumsi dan menyusun penyelesaian permasalahan disertai alasan, sedangkan
indikator lainnya belum ada peningkatan

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Mathematics (S1-Matematika)
Depositing User: Dr. Julan Hernadi
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:16
Last Modified: 04 Jan 2023 02:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38396

Actions (login required)

View Item View Item