Diana, Purwati Zisca and Wirawati, Denik BLENDED LEARNING DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN BELAJAR. [Artikel Dosen]
Text
blended denik sizca 2020.pdf Download (167kB) |
|
Text
HASIL CEK_60150776_BLENDED LEARNING DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN BELAJ.pdf Download (1MB) |
|
Text
gabungan nilai.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tulisan ini akan mendeskripsikan penggunaan blended learning dalam
meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan
presentase. Subjek penelitian mahasiswa angkatan 2018 sebanyak 142
responden. Datapenelitian diambil dengan menggunakan kuesioner dan skala
Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan blended learning
menjadikan mahasiswa dapat belajar lebih mandiri. Hasil setiap indikator
sebagai berikut. 1) ketidaktergantungan terhadap orang lain sebesar 80,12%;
2) memiliki kepercayaan diri sebesar 74,97%; 3) berperilaku disiplin sebesar
78,43%; 4) memiliki rasa tanggung jawab sebesar 77,61%; 5) berperilaku
berdasarkan inisiatif sendiri sebesar 79,87%; dan 6) melakukan kontrol diri
sebesar 76,37%. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa
blended learning dapat menjadi alternatif pilihan model pembelajaran yang
diterapkan untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | M.Pd. Denik Wirawati |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 01:46 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 01:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38462 |
Actions (login required)
View Item |