Sumaryati, Sumaryati (2011) Cek Plagiasi PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM REVITALISASI DAN REINTERPRETASI NILAI-NILAI PANCASILA. Universitas Negeri Surabaya. (Unpublished)
Text
HASIL CEK_MAKALAH KONGGRES PANCASILA III, SUMARYATI UAD.pdf Download (2MB) |
|
Text
2013 MAKALAH KONGGRES PANCASILA III, SUMARYATI UAD.pdf Download (153kB) |
Abstract
Fungsi pokok Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia belum selesai diaplikasikan, bahkan selalu dalam proses yang berlangsung terus menerus. Dalam penerapannya sebagai dasar Negara tersebut, masih ditemukan adanya ketidaksesuaian antara yang seharusnya sebagai dasar Negara dengan realitasnya sebagai dasar Negara. Salah satu sebab mendasar mengapa Pancasila sebagai dasar Negara belum teraplikasi secara maksimal adalah belum dipahaminya secara benar kelima nilai dasar Pancasila oleh masyarakat Indonesia dan juga pemimpin . Masyarakat Indonesia masih dalam taraf memiliki pengetahuan tentang Pancasila, belum memiliki ilmu tentang pancasila. Hal ini terbukti dengan kemampuan masyarakat menjelaskan tentang Pancasila secara dangkal, bahkan terkesan hafal saja, serta belum mampunya masyarakat atau pemimpin bangsa ini menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan berpisau nilai-nilai Pancasila. Realitas semakin gencarnya globalisasi dan era perang multidimensi, menuntut bangsa ini memiliki ketahanan mental ideologis yang kuat. Apabila tidak , eksistensi bangsa dapat terancam. Inilah urgensi revitalisasi dan reinterpretasi nilai-nilai Pancasila di masa sekarang dan masa mendatang
.Upaya revitalisasi dan reinterpreasi nilai-nilai Pancasila tersebut antara lain melalui kajian Pancasila secara rasional ilmiah dalam semua jenjang pendidikan. Kajian tentang Pancasila tersebut secara formal harus dikemas dalam suatu mata pelajaran atau mata kuliah, yaitu Pendidikan Pancasila. Walaupun diakui bahwa dalam Pendidikan Pancasila masih perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan, namun harus diakui juga bahwa Pendidikan Pancasila memiliki peran cukup strategis dalam merevitalisasi dan mereinterpretasi nilai-nilai Pancasila. Melalui Pendidikan Pancasila, nilai-nilai Pancasila akan terwariskan dan terkembangkan secara teratur, sistematis, dan ilmiah, karakter kebangsaan akan tertanam, dan wawasan-wawasan segar dan baru tentang pengembangan Pancasila sebagai dasar Negara dan ideology akan terlahir, sehingga nilai-nilai Pancasila akan mampu real dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Agar Pendidikan Pancasila dapat berperan secara optimal dalam merevitalisasi dan mereinterpretasi nilai-nilai Pancasila tersebut, maka Pendidikan Pancasila harus mendapatkan tempat,media, dan dukungan dalam system pendidikan nasional Indonesia, diiringi dengan pemberdayaan instansi-instansi terkait dengan pendidikan Pancasila, perubahan metode pembelajaran Pancasila (semula dogmatis, berubah menjadi rasional ilmiah, dari teacher center ke student center)), pelatihan metode pembelajaran nilai-nilai Pancasila, dan pelatihan membuat media pembelajaran Pancasil
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)) |
Depositing User: | Dra, M.Hum Sumaryati Sumaryati |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 01:02 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 01:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38602 |
Actions (login required)
View Item |