Inventarisasi Jenis Ikan Air Tawar di Sungai Gajahwong Kabupaten Bantul

Budiantoro, Agung and Widyaningrum, Arista Suci and Suwartiningsih, Nurul (2021) Inventarisasi Jenis Ikan Air Tawar di Sungai Gajahwong Kabupaten Bantul. Jurnal Riset Daerah, 11 (1). pp. 3802-3819. ISSN 1412-8519

[thumbnail of peer review] Text (peer review)
Peer review - Nurul Suwartiningsih - Inventarisasi Jenis Ikan Air Tawar di Sungai Gajahwong Kabupaten Bantul.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of HASIL CEK SIMILARITY] Text (HASIL CEK SIMILARITY)
HASIL CEK_Swartiningsih_Sungai, introduksi, identifikasi, jenis ikan (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Indonesia memiliki keanekaragaman jenis ikan yang sangat tinggi. Akan tetapi informasi tentang kekayaan jenis ikan di Indonesia hingga saat ini masih terbatas. Sungai Gajahwong merupakan salah satu sungai dengan hulu di Kabupaten Sleman dan aliran sungai melewati Kotamadya Yogyakarta kemudian melewati Kabupaten Bantul bermuara di Sungai Opak. Daerah pinggir sungai Gajahwong didominasi pemukiman padat dan beberapa pabrik sehingga limbah rumah tangga dan pabrik yang dibuang di Sungai Gajahwong berpotensi menurunkan kualitas airnya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Keanekaragaman jenis ikan yang ditemukan di Sungai Gajahwong baik ikan asli maupun ikan introduksi dan juga mengetahui kondisi lingkungan abiotiknya. Pengambilan sampel dengan cara Purposive random sampling pada tiga titik stasiun (I,II, dan III) dengan setiap stasiun dibagi menjadi tiga titik sampling. Pengukuran parameter lingkungan abiotik dilakukan pada setiap titik sampling dengan masing-masing tiga ulangan. Sampel ikan diambil kemudian diidentifikasi. Hasil penelitian menunjukkan jenis ikan yang teridentifikasi sebanyak 18 spesies, dengan rincian 13 asli Indonesia dan 5 (lima) merupakan ikan introduksi. Parameter lingkungan abiotik sesuai dengan baku mutu perairan golongan II-III , mendukung keberlangsungan hidup ikan di sungai Gajahwong.

Kata Kunci : Sungai, introduksi, identifikasi, jenis ikan

Item Type: Artikel Umum
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QL Zoology
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Biology (S1-Biologi)
Depositing User: M.Sc. Nurul Suwartiningsih
Date Deposited: 23 Jan 2023 07:50
Last Modified: 26 Jan 2023 01:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38891

Actions (login required)

View Item View Item