KONSELING KELOMPOK BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING BAGI KORBAN BENCANA ALAM YANG MENGALAMI POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER (PTSD)

Santy, Andrianie KONSELING KELOMPOK BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING BAGI KORBAN BENCANA ALAM YANG MENGALAMI POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER (PTSD). Prosiding Seminar Nasional Konseling Krisis. ISSN 978-602-60115-0-3

[thumbnail of 8 KONSELING KELOMPOK BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING BAGI KORBAN BENCANA ALAM YANG MENGALAMI POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER (PTSD).pdf] Text
8 KONSELING KELOMPOK BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING BAGI KORBAN BENCANA ALAM YANG MENGALAMI POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER (PTSD).pdf

Download (916kB)

Abstract

Abstrak

Secara geografis Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik dan dikelilingi cincin api yang menyebabkan Indonesia rawan akan bencana letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir dan tanah longsor. Selain menimbulkan kerugian secara materi, bencana alam juga mengakibatkan dampak psikologis yang disebabkan oleh perasaan takut dan putus asa akibat bencana alam. Kondisi traumatik tersebut seringkali berakhir dengan Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD).
Pemulihan kondisi Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) menjadi salah satu motor penggerak dalam proses pemulihan kondisi pasca bencana alam. Salah satu layanan yang direkomendasikan untuk membantu individu dengan Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) adalah konseling kelompok. Konseling kelompok menggunakan metode permainan berbasis experiential learning menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan sebagai upaya memberikan layanan bagi individu dengan Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD). Metode konseling kelompok yang dilakukan secara bersama-sama bisa menjadi penguat antar anggota kelompok yang merasa senasib sepenanggungan. Kegiatan berbasis permainan, dapat menjadi relaksasi dan sarana mengurangi tekanan yang mereka rasakan selama terjadinya bencana. Metode eksperiential learning yang berbasis “belajar dari pengalaman”, dipilih sebagai upaya memandirikan agar mereka tangguh dalam menghadapi peristiwa traumatik dalam hidupnya.

Kata kunci: post-traumatic stress disorder, konseling kelompok, experiential learning

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wahyu Nanda Eka Saputra
Date Deposited: 30 Sep 2016 00:24
Last Modified: 30 Sep 2016 00:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3903

Actions (login required)

View Item View Item