MANAJEMEN AMARAH: STRATEGI UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESI SISWA SEKOLAH MENENGAH

Erni, Hestiningrum MANAJEMEN AMARAH: STRATEGI UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESI SISWA SEKOLAH MENENGAH. Prosiding Seminar Nasional Konseling Krisis. ISSN 978-602-60115-0-3

[thumbnail of 20 MANAJEMEN AMARAH.pdf] Text
20 MANAJEMEN AMARAH.pdf

Download (670kB)

Abstract

Abstrak

Salah satu tempat yang dapat dimanfaatkan individu untuk menemukan dan mengembangkan potensinya adalah sekolah, terutama Sekolah Menengah. Peran guru-guru di Sekolah Menengah tidak mudah karena guru dituntut untuk mencetak pribadi-pribadi yang memiliki karakter dan etos kerja yang kuat. Akan tetapi, siswa tidak memanfaatkan waktu dengan baik dan justru memunculkan perilaku-perilaku maladaptif seperti perilaku agresi. Fenomena banyaknya perilaku agresi yang terjadi pada kalangan siswa Sekolah Menengah perlu diatasi. Salah satu strategi untuk mereduksi perilaku agresi di kalangan pelajar Sekolah Menengah adalah dengan mengembangkan dan menerapkan layanan konseling dengan pelatihan manajemen amarah. Pengembangan dan implementasi pelatihan manajemen amarah ini diharapkan dapat menimbulkan stabilitas emosi siswa Sekolah Menengah sehingga dapat meminimalisir perilaku agresi yang muncul.

Kata kunci: manajemen amarah, agresi

Item Type: Artikel Umum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Wahyu Nanda Eka Saputra
Date Deposited: 01 Oct 2016 00:41
Last Modified: 01 Oct 2016 00:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item View Item