Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Implementasi Kejuruan di SMK Muhammadiyah Lumajang

Santosa, Budi (2022) Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Implementasi Kejuruan di SMK Muhammadiyah Lumajang. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran (PeTeKa), 5 (1). ISSN p-ISSN: 2599-1914 | e-ISSN: 2599-1132

[thumbnail of HASIL CEK_PAK_Bilqis.pdf] Text
HASIL CEK_PAK_Bilqis.pdf

Download (890kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran
implementasi kejuruan. Penelitian ini bersubjek pada peserta didik kelas XII Farmasi 1 SMK
Muhammadiyah Lumajang sebanyak 25 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes hasil
belajar siswa menggunakan statistika deskriptif sederhana untuk dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran implementasi kejuruan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran matematika dan telah terlaksana dengan baik. Secara klasikal pada siklus I diperoleh hasil
belajar sebesar 60%, sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar sebesar 84%, dalam artian terjadi
peningkatan hasil belajar sebesar 24%.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Vokasi
Depositing User: Dr Budi Santosa
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:53
Last Modified: 02 Feb 2023 04:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39422

Actions (login required)

View Item View Item