PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA ASISTEN KEPERAWATAN SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG

Santosa, Budi (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA ASISTEN KEPERAWATAN SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_PAK_Laily.pdf] Text
HASIL CEK_PAK_Laily.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi menjadi komponen penting dalam bidang keperawatan sebab merupakan modal utama dalam
proses pengimplementasian tindakan-tindakan keperawatan. Asisten perawat dituntut untuk memiliki
keterampilan komunikasi yang baik secara terapeutik. Ada beberapa hal yang menjadi problem siswa saat
melaksanakan komunikasi terapeutik. Siswa belum sepenuhnya memahami dengan baik komunikasi
terapeutik sehingga dalam penerapannya belum maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan kemampuan komunikasi terapeutik siswa setelah penerapan metode role playing. Subjek
dalam penelitian ini berjumlah 12 orang siswa kelas XII Asisten Keperawatan SMK Muhammadiyah
Lumajang tahun pelajaran 2021/2022. Instrument yang digunakan adalah Ceklis Observasi –
Demonstrasi/ Praktik Komunikasi Interpersonal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat
peningkatan tingkat kompetensi siswa dalam kemampuan komunikasi terapeutik secara signifikan.
Kenaikan poin kompetensi komunikasi terapeutik siswa pada setiap aspeknya sebesar 22% hingga 50%.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi
terapeutik siswa kelas XII Asisten Keperawatan SMK Muhammadiyah Lumajang tahun pelajaran
2021/2022.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Vokasi
Depositing User: Dr Budi Santosa
Date Deposited: 02 Feb 2023 06:56
Last Modified: 02 Feb 2023 06:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39424

Actions (login required)

View Item View Item