MENANAMKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN BAGI CALON GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN HOLISTIK DI PGSD FKIP UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Hidayah, Nur (2014) MENANAMKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN BAGI CALON GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN HOLISTIK DI PGSD FKIP UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Menuju Generasi Emas Universitas Islam Sultan Agung. ISSN - ISBN : 978-6021145-04-3

[thumbnail of nur-hidayah.pdf] Text
nur-hidayah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Matakuliah kewirausahaan merupakan alternatif yang baik untuk dikembangkan di tingkat perguruan tinggi, khususnya di program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD). Tuntutan profesionalisme guru dalam menjalankan tugasnya merupakan hal yang mendasar untuk menjadikan calon-calon guru masa depan tidak hanya memiliki kompetensi-kompetensi dasar namun juga harus memiliki ketrampilan yang berbasis pada talenta, sehingga akan memunculkan karakter guru yang inovatif dan kreatif dalam hal ide/gagasan, dan pengembangan yang lain.
Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan studi pustaka. Ada beberapa hal yang memberikan ciri dasar pendidikan entrepreneur di perguruan tinggi. Pertama, pendidikan tersebut lebih menitikberatkan pada penggalian potensi diri setiap peserta didik. Kedua, menyediakan para pengajar yang berlatar kewirausahaan adalah satu kemutlakan yang perlu dipenuhi. Ini berbicara konsep pendidikan entrepreneur yang jelas. Ketiga, kehendak politik stakeholder perguruan tinggi sangat dibutuhkan dalam konteks ini. Kurikulum pendidikan tinggi yang berjiwa entrepreneur adalah dengan mendefinisikan ulang apa itu pendidikan yang dihubungkan dengan entrepreneur sebagai bagian komponen lain untuk menambah wawasan serta pengetahuan peserta didik saat terjun ke lapangan, ketika mereka selesai di bangku pendidikan tingginya.
Mengingat pentingnya pendidikan entrepreneur dalam membekali skill para mahasiswa calon guru SD, maka peran dosen dalam memilih pendekatan pembelajaran juga sangat menentukan keberhasilan sebuah proses pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk menyiapkan calon-calon guru SD dalam memahami dan memiliki karakter-karakter entrepreneurship adalah pendekatan holistic.

Kata Kunci: Pembelajaran holistik, jiwa kewirausahaan, Guru SD.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 21 Oct 2016 01:56
Last Modified: 21 Oct 2016 01:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3948

Actions (login required)

View Item View Item