Desain Pembelajaran Statistika Deskriptif Untuk Siswa SMA Dengan Pendekatan Kooperatif Learning Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter

Siti, Nur Rohmah (2011) Desain Pembelajaran Statistika Deskriptif Untuk Siswa SMA Dengan Pendekatan Kooperatif Learning Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. pp. 425-439. ISSN 978 – 979 – 16353 – 6 – 3

[thumbnail of Prosiding SEMNAS 3 Des 2011.pdf] Text
Prosiding SEMNAS 3 Des 2011.pdf

Download (678kB)

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang menarik yang dapat diterapkan kepada siswa adalah model
pembelajaran kooperatif. Dengan menerapkan model kooperatif dalam pembelajaran matematika,
diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi siswa dan akhirnya akan
berdampak pada kenaikan prestasi belajar siswa. Untuk itu, penulis mencoba membuat desain
pembelajaran pada materi statistika deskriptif untuk siswa SMA dengan pendekatan kooperatif learning
tipe STAD ( Student Teams Achievement Divisions). Desain pembelajaran kooperatif learning tipe
STAD ini merupakan desain pembelajaran yang lebih mengutamakan keaktifan siswa atau berpusat pada
siswa (students center), agar tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai lebih optimal. Selain itu dengan
pembelajaran kelompok diharapkan siswa memiliki pengalaman belajar yang menarik karena adanya
sharing ideas antar teman sekelompok dan siswa dapat belajar saling menghargai pendapat orang lain
yang belum tentu sependapat dengan dirinya, hal ini merupakan salah satu upaya dalam pembentukan
karakter positif siswa.
Kata kunci : Pembelajaran materi statistika deskriptif dengan pendekatan kooperatif learning tipe
STAD ( Student Teams Achievement Divisions).

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Siti Nur Rohmah
Date Deposited: 08 Oct 2016 05:34
Last Modified: 08 Oct 2016 05:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item