Chrisnawati, Yenie and Suryani, Dyah (2020) Riwayat Artikel Hubungan Sikap, Pola Asuh, Peran Orang Tua, Guru, Sarana dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. [Artikel Dosen]
Text
Korespondensi Sandikarsa (1).pdf Download (511kB) |
Abstract
Latar Belakang: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah
kumpulan dari perilaku yang dilaksanakan oleh seseorang atas
kesadaran diri sendiri, didapatkan dari hasil pembelajaran,
sehingga menjadikan seseorang tersebut dapat mandiri terhadap
kesehatannya. Berbagai penyakit sering muncul dan menyerang
pada anak usia sekolah yang berkaitan dengan PHBS. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang
berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)
pada siswa SD N Baturan II Kecamatan Gamping Kabupaten
Sleman. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan studi
cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI
di SD N Baturan II. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
total sampling (39 responden). Instrumen pepenelitian yaitu
kuesioner. Analisis data dengan analisis univariat dan analisis
bivariat menggunakan uji Chi square. Hasil: Hasil analisis bivariat
menunjukkan tidak ada hubungan antara sikap dengan PHBS
siswa p=0,151, ada hubungan antara pola asuh keluarga dengan
PHBS siswa p=0,001, ada hubungan antara peran orang tua
dengan PHBS siswa p=0,018, tidak ada hubungan antara peran
guru dengan PHBS siswa p=0,250, dan tidak ada hubungan antara
ketersediaan sarana dengan PHBS siswa p=0,501.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara sikap, peran guru dan
ketersediaan sarana dengan PHBS dan ada hubungan antara pola
asuh keluarga dan peran orang tua dengan PHBS siswa.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisi / Prodi: | Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > FKM Doc |
Depositing User: | Dr Dyah Suryani |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 03:15 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 03:15 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39991 |
Actions (login required)
View Item |