PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF ILMU PENGETAHUAN ALAM (BAMI-IPA) UNTUK SISWA KELAS V

Jupriyanto, Jupriyanto (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF ILMU PENGETAHUAN ALAM (BAMI-IPA) UNTUK SISWA KELAS V. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 244-250. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Jupriyanto PGSD Universitas Islam Sultan Agung.pdf] Text
Jupriyanto PGSD Universitas Islam Sultan Agung.pdf

Download (539kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada pengembanganbahan ajar berbentuk multimedia interaktif pada ma- teri pernapasan dan pencernaan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan Bahan Ajar Multimedia Interaktif(BAMI) yang valid dan praktis kemudian diperoleh pembelajaran yang me- narik.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model four-D yang telah dimodifikasi, menjadi tahap Define (analisis materi, analisis laboratorium, dan merumuskan tujuan pembelajaran), De- sign (pemilihan media, pemilihan format, dan draft awal) dan Develop (validasi ahli dan uji coba). Produk yang dikembangkan adalah Bahan Ajar Multimedia Interaktif (BAMI). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Banjarsari 1, SD Negeri Banjarsari 2, dan SD Negeri Kalisari 3semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Variabel penelitian meliputi validitas materi, va- liditas multimedia,ketertarikan siswa, dan test hasil belajar. Teknik analisis data meliputi analisis data kevalidan multimedia interaktif, analisis angket respon guru, analisis ketertarikan siswa, dan test objektif. Analisis data yang dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda rata-rata.
Rata-rata nilai validator untuk multimedia interaktif3.82 kategori valid. Ketertarikan sis- wa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan multimedia interaktif kategori tinggi dan guru memberi komentar sangat baik, sehingga multimedia interaktif praktis untuk digunakan. Hasil uji kelas kontrol menghasilkan mean 67.25 dan kelas eksperimen 81.75 dengan signifikansi hitung 0.004.BAMI lebih baik digunakan dalam permbelajaran.

Kata Kunci: Bahan Ajar, IPA,Multimedia Interaktif

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 21 Oct 2016 01:58
Last Modified: 21 Oct 2016 01:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item View Item