HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATHEMATICS UNTUK MENDUKUNG PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Wangge, Magdalena and Lusyana, Evvy (2016) HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATHEMATICS UNTUK MENDUKUNG PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 450-456. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Magdalena Wangge_UNY.pdf]
Preview
Text
Magdalena Wangge_UNY.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir siswa dalam kelas didapat melalui proses belajar dari berbagai mata pelajaran, tidak terkecuali matematika. Dalam pembelajaran matematika siswa akan dihadapkan dengan berbagai macam permasalahan rutin dan non rutin, sehingga membutuhkan keterampilan berpikir yang tidak biasa untuk dapat menyelesaikan permasalahan. Dengan demikian guru harus- lah mulai melirik dan mempelajari bagaimana menerapkan active learning yang dapat membantu membangkitkan keterampilan berpikir tidak biasa siswa.Keterampilan berpikir tidak biasa yang dimaksud adalah Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Keter- ampilan berpikir ini didukung oleh karakter siswa yang terbentuk seperti disiplin, tanggungjawab, jujur dalam menyelesaikan permasalahan rutin dan non rutin matematika. Sehingga penerapan active learning ini dapat membantu siswa menemukan karakter dan menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.Cara berpikir dan karakter ini juga dapat digunakan siswa dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari, sehingga siswa siap berkompetisi dalam Masyarakat Ekonomi Asean.

Kata kunci: HOTS, active learning, karakter siswa

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 21 Oct 2016 01:57
Last Modified: 21 Oct 2016 01:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4072

Actions (login required)

View Item View Item