Tri Sutanti, Tri Sutanti (2015) Profil Empati Siswa Cerdas Istimewa di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Konseling Komprehensif, 2 (1). pp. 1-91. ISSN 2355-7303
Text
Tri Sutanti (Profil Empati Siswa Cerdas Istimewa).pdf Download (3MB) |
Abstract
Siswa Cerdas Istimewa tidak hanya membutuhkan pengembangan pada aspek intelektual tetapi juga membutuhkan pengembangan pada aspek afektif seperti empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui empati siswa Cerdas Istimewa di SMA Negeri kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan data kuantitaif dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 62 siswa Cerdas Istimewa dari 3 sekolah, yakni 18 siswa Cerdas Istimewa dari SMA Negeri 1 Yogyakarta, 13 siswa Cerdas Istimewa dari SMA Negeri 3 Yogyakarta dan 21 siswa Cerdas Istimewa dari SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala empati yang sudah teruji valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empati pada siswa cerdas istimewa di SMA Negeri kota Yogyakarta sebagian besar berada pada kategori sedang yakni berkisar 74,19 %. Pada kategori tinggi berada pada 11, 29 %, pada kategori kurang 11,29 % dan pada kategori rendah sebesar 3, 23%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi para pendidik dalam mengembangkan empati siswa Cerdas Istimewa dan kepada para guru bimbingan dan konseling hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan dalam penyusunan program bimbingan dan konseling bagi siswa cerdas istimewa.
Kata kunci: empati, siswa cerdas istimewa
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | tantie alaa |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 00:36 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 00:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4096 |
Actions (login required)
View Item |