Prabowo, Anggit and Sunaryo, Sunaryo (2015) MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS KURIKULUM DAN MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA I DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Journal of Mathematics Education AlphaMath, 1 (1). pp. 1-11. ISSN 2477-409X
Preview |
Text
PTK Partisipasi Aktif Mahasiswa.pdf Download (543kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa pada mata kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe StudentsTeam-Achievement Division (STAD). STAD adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif dengan langkah-langkah meliputi Presentasi kelas, pembagian tim/kelompok, kuis, menentukan skor kemajuan siswa, dan rekognisi tim.
Penelitian ini merupaka penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Ahmad Dahlan tahun ajaran 2014/2015 yang menempuh mata kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika I. Objek penelitian meliputi seluruh proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan partisipasi aktif mahasiswa pada mata kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika I. Instumen penelitian meliputi peneliti, lembar observasi, dokumentasi, dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam mata kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika I. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan skor keaktifan mahasiswa dari 36,81 pada siklus I menjadi 44,38 pada siklus II dari skor maksimal 50.
Kata kunci: Students Team-Achievement Division (STAD), partisipasi aktif, analisis kurikulum dan materi pembelajaran matematika I
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | Anggit Prabowo |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 03:45 |
Last Modified: | 09 Jan 2017 03:45 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4149 |
Actions (login required)
View Item |