Perumusan Strategi Perusahaan CV “X” Kebumen Dengan Metode SWOT Company Strategy Formulation CV “X” Kebumen Using the SWOT Method

Utami, Endah and Setyo Widodo, Dona (2022) Perumusan Strategi Perusahaan CV “X” Kebumen Dengan Metode SWOT Company Strategy Formulation CV “X” Kebumen Using the SWOT Method. In: Prosiding Seminar Nasional UNIMUS.

[thumbnail of Hasil Cek_Artikel 1148.pdf] Text
Hasil Cek_Artikel 1148.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 1148-2201-1-SM.pdf] Text
1148-2201-1-SM.pdf

Download (400kB)

Abstract

Perusahaan CV.”X” merupakan produsen madu murni berlokasi di Kabupaten Kebumen yang berdiri
sejak tahun 2015 dan berfokus untuk menjual madu murni dengan kualitas terbaik. Di tengah aturan
dikendorkannya PPKM oleh Pemerintah produsen tersebut tidak mampu menyesuaikan keadaan karena
terkendala kemampuan sumber daya manusia dalam mengoptimalkan manfaat teknologi,
mengandalkan penjualan hanya dengan cara konvensional dan hanya mengandalkan para resellernya,
sehingga hasil penjualan terus menurun. Pada tahun 2021 dengan adanya kebijakan Pemerintah tentang
pelonggaran PPKM membuat peluang bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi kembali tentang
kondisi Internal dan Eksternal perusahan yang selama ini belum pernah dilakukan produsen tersebut
sebelumnya.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal CV. Makmur
Duta Usaha, mengetahui posisi perusahaan serta memberikan usulan alternatif strateginya.Tahapan
awal yang dilakukan adalah mengidentifikasi kondisi internal dan eksternalnya kemudian menentukan
posisi CV”X” berdasarkan Matriks IFAS dan EFAS. Kemudian dilakukan Analisis SWOT untuk
merumuskan alternatif strategi berdasarkan posisi perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan
cara studi literatur, observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan
bahwa berdasarkan Matriks IFAS dan EFAS,perusahaan berada pada posisi Growth and Build. Kemudian
alternatif strategi yang diperoleh berdasarkan analisis SWOT berupa strategi S-O berupa menggunakan
digital marketing sebagai media penjualan dan promosi, meningkatkan kualitas pelayanan, alternatif
strategi W-O berupa menggunakan promosi berbayar agar promosi lebih efektif, alternatif strategi S-T
berupa menonjolkan kelebihan perusahaan, memberikan pilihan harga dan jenis produk yang lebih
variatif, alternatif strategi W-T berupa mencari sumber daya manusia yang ahli, menjaga kepercayaan
pelanggan tetap.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keyword: Produsen madu, Matrik IFAS EFAS, Metode SWOT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: Handi Dharmawan
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:54
Last Modified: 28 Mar 2023 02:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41667

Actions (login required)

View Item View Item